5 Kiat Menata Pojok Baca di Rumah Anda Sendiri

Membaca hobi adalah hobi yang baik, berguna untuk menambah pengetahuan dan wawasan. Membaca juga harus dilakukan di tempat yang nyaman seperti di pojok baca, sehingga para "kutu buku" merasa betah berlama-lama menjalankan hobinya.

Apa saja aspek yang harus dipertimbangkan untuk mewujudkan sebuah pojok baca dirumah. Berikut ini adalah 5 kiat yang bisa menjadi panduan anda untuk mewujudkan sebuah pojok baca impian di rumah anda sendiri.

Ciptakan Area Baca Yang Cukup


Menambahkan sebuah ruang pada rumah yang minimalis tentu menjadi persoalan tersendiri. Namun bagi anda si "kutu buku", anda tetap bisa mewujudkan mimpi membuat sebuah pojok baca yang nyaman. Cukup siapkan sebuah area yang setidaknya bisa mencukupi untuk anda duduk, baik di kursi maupun di karpet.

Pojok Baca Ruangan Minimalis
Pojok Baca Ruangan Minimalis

Jika rumah anda sudah penuh sesak, mungkin anda bisa mulai menggeser perabot rumah yang sudah tidak terpakai.Siapa tahu, ternyata memang ada perabot yang sudah kurang berfungsi. Anda bisa menggunakan sudut ruangan, ruang di bawah tangga ataupun loteng sebagai pojok baca.

Jika masih bebas memilih lokasi, sebisa mungkin pilih area yang jauh dari dapur dan kamar mandi.

Atur Pencahayaan Yang Pas

Pencahayaan merupakan aspek penting yang harus di penuhi untuk sebuah pojok baca. Pencahayaan yang minim tentu akan membuat kegiatan baca menjadi terganggu.

Untuk pencahayaan pojok baca bisa berasal dari penerangan alami dari matahari, atau penerangan buatan seperti lampu. Namun, hal yang perlu di perhatikan dalam aspek pencahayaan untuk area baca ini adalah intensitas cahaya yang di gunakan untuk baca. Jaga intensitas cahaya agar tidak terlalu terang atau terlalu gelap, pasalnya penerangan yang kurang atau berlebih dapat menyebabkan ketidaknyamanan dalam membaca.

Pencahayaan Yang Pas
Pencahayaan Yang Pas Demi Kesehatan Mata

Ada dua pilihan lampu yang biasa digunakan untuk penerangan Ruang Baca, yaitu lampu downlight, yang diletakkan di plafon rumah atau standing lamp

Pilah-pilih furnitur

Kebiasaan membaca setiap individu berbeda-beda. Ada yang senang dengan posisi duduk di kursi, duduk di atas karpet, atau alas Tetapi ada juga yang senang membaca dengan setengah tidur menggunakan kursi daybed atau sofa.

Furnitur yang Baik Meningkatkan Kualitas Membaca
Furnitur yang Baik Meningkatkan Kualitas Membaca

Semua tentunya dapat disesuaikan dengan kondisi ruang yang tersedia. Jika anda memiliki 1 area yang cukup besar untuk mengakomodir semua tipe furniture di atas, tentu anda bisa menciptakan Ruang Baca yang ideal.
Namun, di masa sekarang banyak rumah yang tidak memiliki ruang lebih untuk menciptakan ruang khusus baca.

Hal ini dapat disiasati dengan menggunakan tipe furniture bisa mengakomodir posisi baca yang berbeda-beda tadi. Misalnya, anda dapat menggunakan sofa single seater dengan leg rest atau sandaran kaki, reclining chair, day-bed sofa, dan lain nya.

Tentukan Warna Ruangan

Umumnya orang Indonesia lebih menyenangi warna-warna "earth colors" sebagai warna untuk huniannya, antara lain seperti cream, abu-abu muda, atau coklat kayu. Namun, tidak berarti warna lain tidak dapat digunakan sebagai aksen di area baca. Trend warna masa kini memungkinkan anda untuk secara bebas menggunakan warna-warna yang lebih berani sebagai aksen sesuai dengan selera warna pengguna

Ekspresikan diri

Ruangan ini seharusnya menjadi ruangan anda untuk bisa melampiaskan hobi membaca, tempat anda bisa bebas menyelami ruang imajinasi pikiran. Untuk itu, Tidak ada salahnya jika anda menambahkan sentuhan pribadi di pojok baca ini. Anda bisa menggantung kan bingkai lukisan kecil, poster, kaligrafi, tipografi dan aksesori di dinding ruangan.

Mengusir Jenuh Dengan Warna Dan Expresi Diri
Mengusir Jenuh Dengan Warna Dan Expresi Diri

Tips :

  • Letakkan rak, lemari, atau ambalan untuk buku yang posisinya berdekatan dengan posisi duduk.
  • Gunakan bantal bantal kecil sebagai penyangga tangan atau sandaran agar lebih nyaman.
  • tambahkan karpet kecil agar kaki tidak terasa dingin saat bersentuhan dengan lantai ketika harus duduk membaca.
5 Kiat Menata Pojok Baca di Rumah Anda Sendiri 5 Kiat Menata Pojok Baca di Rumah Anda Sendiri Reviewed by StoryLine Movie on 4/24/2017 Rating: 5

No comments:

SIlahkan Berkomentar Asal Sopan

Powered by Blogger.